Jakarta, Gadgetcache – Layanan internet Telkom dilaporkan down. Ini terlhat dari laman DownDetector yang mengalami peningkatan laporan sejak sore ini.
Data di situs Downdetector, menunjukkan bahwa laporan gangguan pada layanan Telkom terjadi sejak pukul 16.30. Per pukul 17.00, jumlah laporan sudah mencapai 1.453.Terlihat laporan mengenai masalah internet, total blackout, dan televisi. Laporan tertinggi adalah mengenai masalah internet sebanyak 85%.
Sementara itu masalah total blackout dilaporkan 14% dan 1% mengenai masalah televisi.
Pola yang sama tampak pada laporan gangguan layanan Telkomsel yang mulai naik pada pukul 16.30 dan telah mencapai 1.573 laporan pada pukul 17.04.
CNBC Indonesia telah menghubungi Indihome dan Telkomsel untuk mengonfirmasi adanya gangguan.
Sejumlah pengguna Twitter memenuhi lini masa pada Rabu sore (21/12/2022) mempertanyakan soal jaringan Indihome. Banyak dari mereka yang merasa jaringan internet tersebut gangguan.
Banyak pengguna yang mengalami kesulitan untuk mengakses internet. Selain itu ada juga yang mengatakan jaringannya dirasa lemot alias lambat.
Beberapa dari mereka juga ada yang bertanya sambil mention akun resmi Indihome @IndiHome dan @IndiHomeCare.
“Guys Indihome gangguan kah?” ujar salah satu pengguna Twitter sore ini.
Selain Indihome, sejumlah pengguna juga merasa layanan Telkomsel juga terjadi gangguan. Namun belum ada kepastian kebenaran jaringan bermasalah tersebut.
“@IndihomeCare min ganguan kah jaringan indihome? Di Jakarta Barat sejak jam 2,” tulis pengguna lainnya.
“Ngecek Indihome gangguan apa ngga nya ke Twitter,” ungkap pengguna Twitter lain.
“Indihome + Telkomsel gangguan. Duet maut”
Pihak Telkom Group dan Telkomsel juga sudah buka suara soal gangguan layanan tersebut. VP Corporate Communication Telkom, Andri Herawan Sasoko menjelaskan pihaknya tengah mengecek untuk melakukan identifikasi penyebab gangguan terjadi.
“Sehubungan dengan adanya pemberitaan terkait gangguan layanan TelkomGroup baik IndiHome maupun Telkomsel, dapat kami sampaikan bahwa saat ini Telkom sedang melakukan pengecekan untuk mengidentifikasi penyebab (root cause) terjadinya gangguan,” jelasnya dalam keterangan yang diterima CNBC Indonesia.
Dia juga menjelaskan jika layanan pada beberapa pelanggan telah berangsur membaik. Layanan diharapkan bisa kembali normal secepatnya, ucap Andri.
Sementara itu, General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim juga menyatakan mulai pukul 17:00 WIB layanan akses jaringan sudah mulai berangsur pulih dan bisa digunakan dengan normal. Telkomsel dan TelkomGroup juga melakukan optimalisasi percepatan pemulihan akses layanan.
“Saat ini, mulai sekitar pukul 17.00 WIB, layanan akses jaringan broadband Telkomsel telah berangsur pulih dan dapat digunakan kembali secara normal. Telkomsel bersama TelkomGroup terus melakukan optimalisasi untuk percepatan pemulihan akses layanan secara menyeluruh,” kata Aldrin.
[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya
Ternyata Telkom dan PLN Belum Kena Sanksi Kebocoran Data
(npb)