11/11/2022 10:42:00 AM

Jangan Kaget! Lagi Nonton Netflix Tiba-tiba Mati

by , in

Jakarta, CNBC Indonesia – Jangan harap bisa berbagi password Netflix lagi di masa depan. Mulai 2023 mendatang, platform itu berencana menindak akun-akun yang suka nebeng password untuk nonton drakor dan film-film lainnya.

Salah satu yang menjadi bahan pertimbangan Netflix untuk melancarkan aksi ini adalah kecaman dari pengguna. Sebab, saat ini sekitar 100 juta penontonnya menggunakan password yang dipinjam dari teman atau keluarga.

Untuk itu, Netflix agaknya bakal meresmikan aturan ini secara perlahan, melalui tahapan uji coba ke beberapa akun terlebih dahulu, dikutip dari Apple Insider, Kamis (22/12/2022).

Belum dijelaskan lebih lanjut mekanisme untuk mendeteksi password yang dipinjam. Yang jelas, aturan yang berlaku saat ini mengizinkan pengguna saling pinjam password jika tinggal bersama. Netflix memantau alamat IP, ID perangkat dan aktivitas akun untuk menegakkan aturan tersebut.

Selain menindak aksi pinjam password, Netflix dilaporkan juga sedang berpikir keras untuk menambah pemasukan. Opsi lainnya adalah menambahkan fitur pay-per-view atau pembayaran konten per tayang. 

Cara tersebut dirasa dapat membuat pengguna lebih berhati-hari pula membagikan password. Sebab, bisa jadi si peminjam akan membuat tagihan pembayaran pengguna membengkak.

Namun sejumlah sumber mengatakan Netflix akhirnya tidak meneruskan ide ini. Alasannya untuk mempertahankan antarmuka platform yang sederhana.

Diketahui, Netflix mengalami pertumbuhan negatif pengguna, dengan kehilangan 200 ribu pelanggannya pada kuartal pertama tahun ini. Raksasa streaming tersebut kudu lebih pintar mengatur strategi untuk menambah basis pengguna dan pemasukan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Lolos Blokir Kominfo, Amazon Ngegas Garap Pasar Indonesia

(tib)


11/11/2022 09:34:00 AM

Kena Badai PHK, Startup Ternyata Masih Terus Bakar Duit

by , in

Jakarta, Gadgetcache – Investor mengatakan bakar-bakar duit di startup akan tetap ada ke depannya, meski industri ini sekarang sedang gencar melakukan efisiensi dengan salah satunya menempuh jalan PHK.

Aktivitas pemasaran agresif yang disebut sebagai “bakar duit” jadi bagian dari promosi yang dilakukan atas nama kompetisi dengan para kompetitor. Tapi bicara soal anggaran yang digelontorkan pasti akan disesuaikan dengan situasi saat ini.

Menurut dia, para pelaku di industri ini tidak akan menutup mata.

Founder-founder tech company mereka aware kok, mereka pasti tahu bahwa ada adjusment yang dilakukan,” kata Executive VP Kejora Capital Richie Wirja, dalam segmen Profit di CNBC Indonesia, Rabu (14/12/2022).

Namun PHK yang terjadi saat ini tidak akan menjadi tren yang akan terus berlangsung. Sebab ini menjadi keputusan terbesar bagi sebuah perusahaan.

Perusahaan yang telah terkena badai PHK atau yang mampu mempertahankan pegawainya harus melakukan penyesuaian sehingga tahun depan bisa menjadi lebih baik lagi.

Meski demikian, dengan situasi badai PHK yang ada saat ini, justru sentimen akan muncul sentimen startup yang kompetitif.

Perusahaan yang bertahan pada 2023 adalah perusahaan yang sudah teruji dan sangat efisien. Para pendiri tahun depan akan mengubah fokus perusahaan sehingga menjadi lebih lincah di era persaingan yang makin ketat.

“Kenapa karena di masa-masa seperti ini menuju ke 2023 dengan efisiensi hal-hal yang sedang dilakukan saat ini, fokusnya founder, fokusnya CEO adalah untuk memastikan company ini bisa beroperasi dengan baik atau bukan cuma survive.” ungkapnya.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Startup Ini Pecat Pegawai Lewat Zoom, 9 Bulan 4 PHK Massal

(dem)


11/10/2022 10:09:00 PM

Winter Tech Jadi Peluang untuk Startup Tumbuh

by , in

Jakarta, Gadgetcache – Co-Founder Pluang Claudia Kolonas mengungkapkan lesunya perekonomian 2022 menjadi salah satu rangkaian panjang dari kondisi global. Meski demikian menurutnya Indonesia tidak terlalu terdampak karena memang harga komoditas sudah meningkat banyak.

Kondisi ini pun membuat kebiasaan menghemat dari masyarakat meningkat di tahun ini 2022, dan membawa potensi pada beberapa sektor terutama investasi.

“Itu menjadi hal penting untuk menumbuhkan super app seperti Pluang,” ujarnya saat ditemui usai CNBC Indonesia Awards 2022.

Sementara untuk di 2023, dia mengakui sedikit tidak menentu, karena ada potensi peningkatan inflasi dan suku bunga. Bahkan, tahun depan bisa ada semacam ‘winter’ yang menghampiri startup dan potensi resesi. Kondisi ini menurutnya bisa menjadi kesempatan baik bagi perusahaan seperti Pluang untuk melebarkan sayapnya.

“Karena kita liat banyak startup made during time of real difficult time,” tuturnya.

Pluang sendiri membawa pulang penghargaan kategori Best Investment SuperApp dalam CNBC Indonesia Awards 2022. Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Claudia.

Dalam perjalanannya, Pluang konsisten menggaungkan inisiatif dan inovasi produk untuk memperluas akses demokratisasi layanan finansial dan investasi yang inklusif di Indonesia.

Seperti diketahui, Pluang merupakan platform investasi multi-aset, dan penggunanya bisa mengakses beragam produk investasi dengan biaya terjangkau. Hingga saat ini, Pluang menyediakan akses pada 5 kelas aset investasi seperti investasi emas digital, reksadana, aset kripto, indeks saham, dan saham AS.

Sebagai platform aplikasi yang memberikan akses ke pasar saham Amerika Serikat (S&P 500), Pluang juga menghadirkan micro e-mini S&P 500 index futures yang ditransaksikan pada bursa Chicago Mercantile Exchange (CME).

Aplikasi ini juga memberikan informasi tentang kondisi pasar dan investasi, serta mengkombinasikan edukasi dan investasi dari sisi teknikal dan fundamental. Dengan begitu investor bisa membangun aset finansial sesuai dengan risiko portofolio mereka.

Tidak hanya unggul di inovasi bisnis, Pluang juga turut berperan aktif dan mengambil bagian dalam mengusung transformasi digital di tanah air dengan mendukung program Y20 dalam Presidensi G20 Indonesia 2022.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Pluang Tekankan Pentingnya Suara Pemuda dalam Forum G20

(rah/rah)


11/09/2022 02:06:00 PM

Resmi! Vivo S16 Pakai Chipset Nano-nano

by , in

Jakarta, CNBC Indonesia – Sesuai jadwal yang diumbar, Vivo akhirnya meresmikan seri S16, S16 Pro, dan S16e. Yang menarik, raksasa China tersebut membawa tiga chipset dari vendor berbeda untuk masing-masing variannya. 

Vivo S16 ditenagai Qualcomm Snapdragon 870. Sementara varian S16 Pro dan S16e masing-masing mengandalkan MediaTek Dimensity 8200 dan Samsung Exynos 1080. Di antara ketiganya, model Dimensity 8200 bisa dibilang punya spesifikasi paling unggul. Akan tetapi, Snapdragon 870 punya portfolio lebih baik untuk performa game

Exynos 1080 adalah yang paling standar, tetapi masih menjadi salah satu yang terbaik untuk spektrum kelas menengah, dikutip dari GizChina, Jumat (23/12/2022).

Dari segi desain, Vivo S16 dan S16 Pro sekilas tampil mirip. Kedua ponsel memiliki layar AMOLED 6,78 inci dengan refresh rate 120 Hz.

Selain itu, dua varian tersebut memiliki tampilan melengkung dengan punch hole di sisi tengah atas layar yang berfungsi sebagai rumah bagi kamera selfie 50MP. Disematkan pula fitur autofocus dan flash LED ganda di bezel atas.

Untuk versi yang paling murah, Vivo S16e, datang dengan layar AMOLED datar yang lebih kecil dengan refresh rate 120 Hz dan kamera selfie 16 MP.

Pada aspek kamera utama, Vivo S16 Pro memiliki sensor beresolusi 50MP dari Sony IMX766V, dengan fitur Optical Image Stabilization. Selain itu, model Pro ini menghadirkan lensa ultrawide 8 MP serta kamera makro 2 MP.

Sementara itu, varian S16 vanilla memiliki kamera utama 64MP. Spesifikasi itu mirip dengan yang tertera pada versi vanilla Vivo S15. Perangkat tersebut juga memiliki PDAF dan OIS bersama lensa makro 8MP (ultrawide) dan 2MP.

Terakhir, Vivo S16e memiliki kamera utama 50MP dengan bukaan f/1.8. Namun, spesifikasi kamera tambahannya lebih humble, dengan sensor 2 MP (depth) dan 2 MP (makro).

Semua HP baru Vivo ini memiliki baterai berkapasitas 4.600 mAh. Untuk sisi software, Vivo S16 dan S16 Pro hadir dengan sistem antarmuka OriginOS 3 berbasis Android 13. Sementara S16e masih nyaman dengan OriginOS Ocean berbasis Android 12.

Harga dan Ketersediaan

Vivo S16 memiliki banyak dua opsi RAM, yakni 8GB dan 12GB. RAM tersebut dipadukan dengan ROM yang bisa dipilih antara 256GB atau 512GB. Harganya mulai dari 2.488 Yuan (setara Rp 5.574.000) untuk yang paling murah dan 3.299 Yuan (setara Rp 7.358.000).

ViVo S16 Pro memiliki RAM 12 GB dengan dua varian ROM (256GB dan 512GB). Harganya mulai dari 3.299 Yuan (setara Rp 7.358.000) untuk yang paling murah dan 3.599 Yuan (setara Rp 8.026.000) untuk yang termahal. 

Vivo S16e memiliki 2 varian RAM (8GB dan 12 GB), serta 2 varian ROM (128GB dan 256GB). Harganya mulai 2.099 Yuan (setara Rp 4.681.000) hingga 2.499 Yuan (setara 5.573.000)

Belum jelas apakah trio Vivo S16 bakal masuk ke Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja.

[Gambas:Video CNBC]

(tib)


11/09/2022 02:12:00 AM

Hemat di Kantong! Baterai Bocor Tak Usah Beli Smartphone Baru

by , in

Jakarta, Gadgetcache – Era bongkar pasang baterai smartphone bakal kembali lagi. Hal ini terjadi setelah Uni Eropa menyepakati seperangkat aturan baru untuk membuat baterai lebih tahan lama dan bisa digunakan kembali.

Dalam aturan tersebut baterai diharuskan lebih mudah dilepas dan diganti. Produsen smartphone bisa mengembalikan baterai yang bisa dilepas, dikutip dari Gizchina, Rabu (21/12/2022).

Aturan baru itu berlaku untuk semua jenis baterai yang dijual di wilayah Uni Eropa. Termasuk di dalamnya juga pada baterai yang digunakan pada kendaraan roda dua dan kendaraan listrik (EV).

Gizchina mencatat tujuan peraturan tersebut untuk membuat baterai lebih ramah lingkungan. Otoritas setempat juga mengharuskan produsen baterai di Uni Eropa melaporkan total jejak karbon baterai, dari ekstraksi hingga proses daur ulang, mulai awal 2024.

Data tersebut akan dikumpulkan dan digunakan untuk limit maksimal Co2. Termasuk baterai yang berlaku mulai Juli 2027 mendatang.

UU itu juga mengharuskan adanya informasi pada baterai untuk pengguna. Baterai akan ditempelkan label dan kode QR berisi informasi mengenai kapasitas, kinerja, daya tahan, dan komposisi kimia.

Tak sampai di sana, Uni Eropa juga meminta smartphone dan tablet untuk segera menampilkan label energi. Konsep ini telah dilakukan pada televisi dan mesin cuci dan memberitahu pelanggan soal karakteristik baterai serta ketahanan air dan debu dari produk.

Namun untuk saat ini, syarat dan label jejak karbon baru untuk baterai EV serta baterai isi ulang dengan kapasitas di atas 2 kWh.

Namun Gizchina menyebutkan smartphone akan segera mengikuti jejak tersebut. Untuk perangkat kecil, Uni Eropa menetapkan target 45% pada 2023, 63% pada tahun 2027 dan 73% pada tahun 2030.

[Gambas:Video CNBC]

(npb)


11/08/2022 03:34:00 AM

Bukan Diskon, Ini yang Dicari Warga RI saat Belanja Online

by , in

Jakarta, GadgetcacheBerdasarkan data yang dihimpun oleh Kadence International. Survei bertajuk “The Most Trusted E-commerce” memaparkan hasil survei yang menunjukan bahwa promosi bukanlah menjadi pendorong utama kepuasan pelanggan lokapasar daring (e-commerce) di Indonesia.

Lalu, apa yang lebih diperhatikan oleh konsumen?

Belanja online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Dengan banyaknya platform e-commerce yang tersedia, konsumen mencari platform e-commerce yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna di sepanjang perjalanan belanja konsumen.

Kadence International yang merupakan lembaga riset terkemuka dengan reputasi global menemukan bahwa ada tiga faktor utama yang dicari pengguna e-commerce di Indonesia, yaitu keamanan, kualitas produk, dan keaslian, serta pengiriman. Anehnya, harga dan promosi menempati urutan kelima sebagai faktor terpenting untuk belanja online, setelah UI/UX atau perjalanan pengguna.

Survei yang dilakukan ini melibatkan 1.200 pengguna e-commerce di kota-kota besar di Indonesia, antara lain Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan, dan dilakukan pada 2-15 November 2022.

Berdasarkan data tersebut, ternyata promosi bukanlah menjadi pendorong utama kepuasan pelanggan lokapasar daring (e-commerce) di Indonesia. Berdasarkan hasil survei Kadence International, mereka kini lebih memperhatikan kualitas layanan serta keamanan dari e-commerce.

Secara rinci, kualitas dari produk yang dibeli memberikan sumbangan sebesar 24% terhadap kepuasan pelanggan di e-commerce.

Pengiriman produk juga memberikan kontribusi sebesar 24% terhadap kepuasan pelanggan. Keamanan dalam berbelanja memberikan andil sebesar 22% terhadap kepuasan pelanggaran e-commerce.

Selanjutnya, kontribusi dari tampilan visual (user interface/UI) dan pengalaman pengguna (user experience/UX) dalam berbelanja di e-commerce terhadap kepuasan pelanggan e-commerce sebesar 16%.

Adapun, promosi hanya memberikan kontribusi sebesar 8% terhadap kepuasan pelanggan. Begitu pula dengan layanan pelanggan (costumer service) memberikan kontribusi sebesar 6%.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


CEO Tokopedia: Pembeli Mau Barang Sampai di Hari yang Sama

(aum)


11/07/2022 08:48:00 AM

Tesla Ditinggal Elon Musk, Investor Sebut Nama CEO Apple

by , in

Jakarta, Gadgetcache – Fanboy Elon Musk dan pemegang saham individu terbesar Tesla, Leo Kaguan marah besar. Pasalnya Musk dinilai kabur dari perusahaan mobil listrik itu dan terlalu fokus dengan Twitter yang baru dibelinya beberapa waktu lalu.

Musk diketahui baru saja menjual lagi sahamnya lebih dari 22 juta saham yang bernilai US$3,6 miliar di Tesla. Ini juga diperburuk dengan saham perusahaan yang terus menurun dan dinilai sebagai saham berkinerja terburuk di antara pembuat mobil dan raksasa teknologi.

CNBC Internasional mencatat saham Tesla ditutup anjlok 2,6% atau menjadi US$156,80 pada Rabu. Ini membuat kapitalisasi pasar perusahaan mobil listrik menjadi US$495 miliar.

Sepanjang tahun ini, saham Tesla telah anjlok mencapai 55%.

Para investor khawatir aksi penjualan saham ini bukan yang terakhir kalinya dilakukan Musk. Di masa depan, dia diramal akan menjual lebih banyak saham Tesla lagi untuk menopang Twitter.

Koguan, yang menyebut dirinya sebagai fanboy Musk, mengatakan Musk meninggalkan Tesla dan perusahaan itu tidak punya CEO untuk bekerja. “Apakah kita hanya orang bodoh yang membawakan tas Elon? Kita butuh seorang algojo seperti Tim Cook [bos Apple] bukan Elon,” ucapnya dikutip dari NYPost, Jumat (16/12/2022).

Data perusahaan riset keuangan VerityData mencatat Musk telah menjual 94.202.321 sahamnya tahun 2022 ini. Rata-rata harganya US$243,46 per saham dnegan hasil sebelum pajak senilai US$22,93 miliar.

“Penjualan Musk sebelumnya hingga 2021 diatur waktunya dengan tepat, jadi pemegang saham Tesla perlu memperhatikan tindakan Musk dan bukan kata-katanya atau kekurangannya saat datang ke penjualan baru-baru ini,” jelas Direktur Penelitian untuk VerityData, Ben Silverman.

Setelah membeli Twitter, Musk memang terus menjual sahamnya di Tesla. Dia juga memberitahu karyawan Twitter jika dia menjual saham Tesla untuk menyelamatkan bisnis mereka.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Momen Unik Elon Musk Tenteng Wastafel ke Markas Twitter