11/09/2022 02:12:00 AM

Hemat di Kantong! Baterai Bocor Tak Usah Beli Smartphone Baru

by , in

Jakarta, Gadgetcache – Era bongkar pasang baterai smartphone bakal kembali lagi. Hal ini terjadi setelah Uni Eropa menyepakati seperangkat aturan baru untuk membuat baterai lebih tahan lama dan bisa digunakan kembali.

Dalam aturan tersebut baterai diharuskan lebih mudah dilepas dan diganti. Produsen smartphone bisa mengembalikan baterai yang bisa dilepas, dikutip dari Gizchina, Rabu (21/12/2022).

Aturan baru itu berlaku untuk semua jenis baterai yang dijual di wilayah Uni Eropa. Termasuk di dalamnya juga pada baterai yang digunakan pada kendaraan roda dua dan kendaraan listrik (EV).

Gizchina mencatat tujuan peraturan tersebut untuk membuat baterai lebih ramah lingkungan. Otoritas setempat juga mengharuskan produsen baterai di Uni Eropa melaporkan total jejak karbon baterai, dari ekstraksi hingga proses daur ulang, mulai awal 2024.

Data tersebut akan dikumpulkan dan digunakan untuk limit maksimal Co2. Termasuk baterai yang berlaku mulai Juli 2027 mendatang.

UU itu juga mengharuskan adanya informasi pada baterai untuk pengguna. Baterai akan ditempelkan label dan kode QR berisi informasi mengenai kapasitas, kinerja, daya tahan, dan komposisi kimia.

Tak sampai di sana, Uni Eropa juga meminta smartphone dan tablet untuk segera menampilkan label energi. Konsep ini telah dilakukan pada televisi dan mesin cuci dan memberitahu pelanggan soal karakteristik baterai serta ketahanan air dan debu dari produk.

Namun untuk saat ini, syarat dan label jejak karbon baru untuk baterai EV serta baterai isi ulang dengan kapasitas di atas 2 kWh.

Namun Gizchina menyebutkan smartphone akan segera mengikuti jejak tersebut. Untuk perangkat kecil, Uni Eropa menetapkan target 45% pada 2023, 63% pada tahun 2027 dan 73% pada tahun 2030.

[Gambas:Video CNBC]

(npb)


11/08/2022 03:34:00 AM

Bukan Diskon, Ini yang Dicari Warga RI saat Belanja Online

by , in

Jakarta, GadgetcacheBerdasarkan data yang dihimpun oleh Kadence International. Survei bertajuk “The Most Trusted E-commerce” memaparkan hasil survei yang menunjukan bahwa promosi bukanlah menjadi pendorong utama kepuasan pelanggan lokapasar daring (e-commerce) di Indonesia.

Lalu, apa yang lebih diperhatikan oleh konsumen?

Belanja online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Dengan banyaknya platform e-commerce yang tersedia, konsumen mencari platform e-commerce yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna di sepanjang perjalanan belanja konsumen.

Kadence International yang merupakan lembaga riset terkemuka dengan reputasi global menemukan bahwa ada tiga faktor utama yang dicari pengguna e-commerce di Indonesia, yaitu keamanan, kualitas produk, dan keaslian, serta pengiriman. Anehnya, harga dan promosi menempati urutan kelima sebagai faktor terpenting untuk belanja online, setelah UI/UX atau perjalanan pengguna.

Survei yang dilakukan ini melibatkan 1.200 pengguna e-commerce di kota-kota besar di Indonesia, antara lain Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan, dan dilakukan pada 2-15 November 2022.

Berdasarkan data tersebut, ternyata promosi bukanlah menjadi pendorong utama kepuasan pelanggan lokapasar daring (e-commerce) di Indonesia. Berdasarkan hasil survei Kadence International, mereka kini lebih memperhatikan kualitas layanan serta keamanan dari e-commerce.

Secara rinci, kualitas dari produk yang dibeli memberikan sumbangan sebesar 24% terhadap kepuasan pelanggan di e-commerce.

Pengiriman produk juga memberikan kontribusi sebesar 24% terhadap kepuasan pelanggan. Keamanan dalam berbelanja memberikan andil sebesar 22% terhadap kepuasan pelanggaran e-commerce.

Selanjutnya, kontribusi dari tampilan visual (user interface/UI) dan pengalaman pengguna (user experience/UX) dalam berbelanja di e-commerce terhadap kepuasan pelanggan e-commerce sebesar 16%.

Adapun, promosi hanya memberikan kontribusi sebesar 8% terhadap kepuasan pelanggan. Begitu pula dengan layanan pelanggan (costumer service) memberikan kontribusi sebesar 6%.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


CEO Tokopedia: Pembeli Mau Barang Sampai di Hari yang Sama

(aum)


11/07/2022 08:48:00 AM

Tesla Ditinggal Elon Musk, Investor Sebut Nama CEO Apple

by , in

Jakarta, Gadgetcache – Fanboy Elon Musk dan pemegang saham individu terbesar Tesla, Leo Kaguan marah besar. Pasalnya Musk dinilai kabur dari perusahaan mobil listrik itu dan terlalu fokus dengan Twitter yang baru dibelinya beberapa waktu lalu.

Musk diketahui baru saja menjual lagi sahamnya lebih dari 22 juta saham yang bernilai US$3,6 miliar di Tesla. Ini juga diperburuk dengan saham perusahaan yang terus menurun dan dinilai sebagai saham berkinerja terburuk di antara pembuat mobil dan raksasa teknologi.

CNBC Internasional mencatat saham Tesla ditutup anjlok 2,6% atau menjadi US$156,80 pada Rabu. Ini membuat kapitalisasi pasar perusahaan mobil listrik menjadi US$495 miliar.

Sepanjang tahun ini, saham Tesla telah anjlok mencapai 55%.

Para investor khawatir aksi penjualan saham ini bukan yang terakhir kalinya dilakukan Musk. Di masa depan, dia diramal akan menjual lebih banyak saham Tesla lagi untuk menopang Twitter.

Koguan, yang menyebut dirinya sebagai fanboy Musk, mengatakan Musk meninggalkan Tesla dan perusahaan itu tidak punya CEO untuk bekerja. “Apakah kita hanya orang bodoh yang membawakan tas Elon? Kita butuh seorang algojo seperti Tim Cook [bos Apple] bukan Elon,” ucapnya dikutip dari NYPost, Jumat (16/12/2022).

Data perusahaan riset keuangan VerityData mencatat Musk telah menjual 94.202.321 sahamnya tahun 2022 ini. Rata-rata harganya US$243,46 per saham dnegan hasil sebelum pajak senilai US$22,93 miliar.

“Penjualan Musk sebelumnya hingga 2021 diatur waktunya dengan tepat, jadi pemegang saham Tesla perlu memperhatikan tindakan Musk dan bukan kata-katanya atau kekurangannya saat datang ke penjualan baru-baru ini,” jelas Direktur Penelitian untuk VerityData, Ben Silverman.

Setelah membeli Twitter, Musk memang terus menjual sahamnya di Tesla. Dia juga memberitahu karyawan Twitter jika dia menjual saham Tesla untuk menyelamatkan bisnis mereka.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Momen Unik Elon Musk Tenteng Wastafel ke Markas Twitter


11/07/2022 12:53:00 AM

Banyak Aplikasi Ojek Online Bangkrut di RI, Ini Pemiliknya

by , in

Jakarta, Gadgetcache – Banyak perusahaan lokal yang mencoba peruntungan di industri ride-hailing. Apalagi 6-7 tahun yang lalu, saat Gojek mulai naik namanya dan Grab yang akhirnya masuk Indonesia.

Namun pada akhirnya aplikasi lokal itu kalah saing, mereka hanya bisa bertahan sebentar sebab kalah modal dari nama-nama besar.

Mereka yang terpaksa gulung tikar, sebut saja Ladyjek, Blujek, OjekArgo, dan Ojekkoe. Perusahaan ojek online ini didirikan oleh warga RI. Berikut daftarnya:

Ladyjek

Ojol dengan ciri khas untuk kaum wanita ini didirikan oleh Brian Mulyadi yang juga merangkap CEO saat itu.

LadyJek bakal mulai beroperasi pada Oktober 2015 lalu untuk kawasan Jabodetabek dan telah membuka tiga kantor cabang di Cengkareng, Bekasi, dan Tangerang.

Dengan hampir 3.300 pengemudi, LadyJek terlihat sukses saat itu. Namun akibat keterbatasan modal, mereka juga harus gulung tikar.

Bluejek

Masih di tahun 2015, Bluejek berdiri dengan 2 founder yakni Garrett Kartono dan Michael Manuhutu. BluJek merupakan produk dari PT. BluJek Indonesia.

Layanan yang ditawarkan Blujek tak ada bedanya dengan Gojek saat itu. Ada Blu-Rider sebagai jasa transportasi, Blu-Pick untuk jasa kurir, Blu-Shop untuk yang mau titip belanjaan dan Blu-Menu untuk mengantarkan makanan.

OjekArgo

Dalam laman LinkedIn Rizal Saputra tercatat sebagai CEO OjekArgo sejak September 2015 hingga Februari 2018. Dahulu pelanggan yang membutuhkan layanan ride hailing ini hanya perlu instal aplikasi dan tidak perlu mendaftarkan diri atau membuat akun di aplikasinya.

Ojekkoe

Katon Muchtar menjadi nama di balik berdirinya Ojekkoe. Ia menjabat sebagai CEO juga di perusahaan yang lahir di 2016 lalu. Ojekkoe menjadi ride hailing yang dirilis sebagai bagian dari tugas akhir Katon. Layanan mereka hanya memungut biaya minim Rp 2.500 per hari untuk mengantar penumpang.

Ojekkoe sempat memiliki 500 orang mitra pengemudi, sebelum akhirnya tidak aktif.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Tarif Ojol Batal Naik, Driver Minta Anies-Ganjar-Cs Tentukan

(dem)


11/05/2022 10:30:00 PM

4 Cara Datangkan Cuan Hanya Modal Wi-Fi Rumah

by , in

Jakarta, CNBC Indonesia– Menghasilkan cuan kini tidak terbatas pada lokasi dan waktu. Dengan memanfaatkan wi-fi rumah, siapa saja bisa menghasilkan cuan secara online yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Novitania, seorang guru swasta sekaligus penulis ini berbagi cerita pada CNBC Indonesia. Menurutnya, ada banyak cara mendatangkan cuan dengan bermodalkan wi-fi rumah saja.

Namun, sebelum fokus pada cuan di online, kata dia, harus cek dan ricek berbagai data dan informasi yang akurat agar tidak terjerat dalam penipuan. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah akses jaringan wi-fi rumah harus stabil dan lancar sebab sangat berpengaruh dalam proses berselancar di internet.

“Tapi nggak perlu khawatir, melalui wi-fi rumah IndiHome dari Telkom Indonesia, kita bisa mengakses paket internet cepat dengan harga terjangkau. Selain itu, jaringan yang tersedia juga stabil. Jadi, akan sangat mendukung aktivitas kita mendapatkan cuan dengan nge-blog bermodalkan wi-fi rumah,” jelas Novita dikutip Kamis (22/12/2022).

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan cuan dengan memaksimalkan wi-fi rumah.

1. Blogging

Cara menghasilkan cuan dengan memanfaatkan wi-fi rumah yang cukup populer belakangan ini adalah blogging. Dengan membuat konten tulisan yang bagus dan bermutu, siapa saja bisa menarik perhatian banyak pembaca. Terlebih jika dapat menyajikan informasi spesifik tentang suatu produk yang sejalan dengan niche blog.

Menurut Novita, sabar dan konsisten adalah kunci untuk fokus meraih banyak cuan dari profesi ini. Sebagai seorang guru, dia mengaku sangat terbantu dengan menjadi seorang narablog. Selain mengasah kemampuan menulis, kesempatan kerjasama dengan berbagai pihak juga terbuka lebar.

2. Afiliasi

Untuk yang aktif di sosial media, cara lain dapat menghasilkan cuan melalui afiliasi dengan mengizinkan perusahaan memasukkan tautan blog dan media sosial. Ini seperti kemitraan simbiosis, di mana follower media sosial membeli produk atau layanan dengan mengklik tautan, sehingga memperoleh keuntungan dari pembelian tersebut.

3. Virtual Assistant (VA)

VA pada dasarnya adalah orang yang bekerja dari jarak jauh dengan mengelola aspek bisnis milik klien. Singkatnya, VA adalah profesional rumahan yang terampil dalam mengerjakan dukungan administratif kepada perusahaan, bisnis, dan pengusaha.

Beberapa bidang pekerjaan VA ini utamanya adalah membuat panggilan telepon, korespondensi email, penelitian Internet, entri data, penjadwalan janji, mengedit, menulis, pembukuan, pemasaran, manajemen blog, proofreading, manajemen proyek, desain grafis, dukungan teknis, layanan pelanggan, perencanaan acara, dan manajemen media sosial.

4. Dropshipper

Pada dasarnya dropshipper adalah pebisnis yang yang melakukan proses jual beli tanpa membeli barang dari grosir/supplier. Cara kerja dropshipper diawali kerja sama dengan produsen. Ketika tercapai kesepakatan, produsen akan memasok produk. Baru kemudian dropshipper yang memasarkannya kepada konsumen.

Pemasaran produk ini dapat dilakukan dropshipper secara daring, terutama menggunakan media sosial. Semua itu tentu bukan hal sulit jika memanfaatkan wi-fi rumah IndiHome dari Telkom Indonesia.

Ketika ada pembeli yang tertarik oleh produk yang ditawarkan, dia dapat langsung menghubungi dropshipper lalu menyelesaikan pembayaran. Setelah selesai, pihak dropshipper akan menghubungi produsen untuk memproses pesanan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Soal Isu Kebocoran Data, Ini Cara Indihome Jaga Data Pengguna

(dpu/dpu)


11/05/2022 04:19:00 PM

Beli Mobil dan Motor Listrik Dapat Insentif! Cek Syaratnya

by , in

Jakarta, Gadgetcache – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita buka-bukaan rencana insentif pembelian kendaraan listrik sedang dalam tahap finalisasi.

Agus membeberkan kira-kira pemerintah akan memberikan insentif untuk pembelian mobil listrik hingga Rp 80 juta. Sedangkan untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sebesar Rp 40 juta.

Untuk motor listrik, insentif akan diberikan sebesar Rp 8 juta jika pembelian baru. Sedangkan untuk motor konversi menjadi motor listrik akan diberikan insentif sekitar Rp 5 juta.

Dengan catatan, Insentif akan diberikan kepada pembeli yang membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia.

Bakal lebih murah nih.
Berminat untuk membeli kendaraan listrik ga?

Saksikan live streaming program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini


11/05/2022 12:35:00 PM

Xiaomi PHK Ribuan Orang dari Divisi Smartphone

by , in

Jakarta, Gadgetcache – Xiaomi mulai melakukan PHK terhadap pekerja di beberapa unit bisnis handphone (HP) dan layanan internet.

Perusahaan asal China itu mengurangi sekitar 15 persen, demikian menurut laporan dari South China Morning Post, Selasa (20/12/2022).

Surat kabar Hong Kong mengutip posting media sosial oleh karyawan yang terkena dampak dan media lokal China, mengatakan platform media sosial China, termasuk Weibo, Xiaohongshu dan Maimai, telah dibanjiri postingan tentang pemutusan hubungan kerja.

Dikutip dari Reuters, Xiaomi tercatat memiliki 35.314 staf pada 30 September, dengan lebih dari 32.000 berkerja di China daratan.

Langkah terbaru ini dapat memengaruhi ribuan pekerja, yang banyak di antaranya baru saja bergabung dengan perusahaan selama perekrutan sejak dimulai pada Desember tahun lalu.

Perusahaan tidak segera menanggapi email Reuters yang meminta komentar.

Xiaomi pada bulan November melaporkan penurunan pendapatan kuartal ketiga sebesar 9,7%, terpukul oleh pembatasan Covid-19 China dan melemahnya permintaan konsumen. Pendapatan dari HP Xiaomi mencapai sekitar 60% dari total penjualannya, turun 11% dari tahun ke tahun.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Redmi 10 5G Resmi Meluncur, Dibanderol Rp 2 Jutaan

(dem)